Selasa, 06 Mei 2008

3 Jenis Penyakit Hati/Penyakit Ruhani

1. Penyakit Dengki atau Hasud
Penyakit dengki atau hasud berasal dari kekikiran.Orang berpenyakit kikir ialah orang yang tak sudi membagi apa yang dimilikinya dengan orang lain.Kekikiran yang berkembang menjadi dengki.Orang yang berpenyakit dengki adalah orang tidak senang melihat hamba-hamba Allah yang lain dikaruniai kenikmatan oleh Allah.Orang sakit dengki adalah orang yang merasa SAKIT bila Allah SWT mengaruniai salah seorang hambaNya kenikmatan berupa ilmu, harta, menjadi dicintai orang banyak, nasib baik, beruntung.Orang yang hatinya ada berpenyakit dengki ingin agar kenikmatan yang ada di orang lain itu sirna, meskipun dia sendiri tidak akan memperoleh keuntungan apapun dari sirnanya kenikmatan itu.Inilah inti kejahatan.Orang yang hatinya ada penyakit dengki merasa tersiksa sepanjang hidupnya di dunia hingga kematian merenggut jiwanya.Sebab Allah yang Maha Rahman dan Maha rahim tidak pernah lupa memberikan kenikmatan pada hamba-hambaNya.
2. Penyakit Suka Pamer
Penyakit suka pamer adalah penyakit yang bibitnya dari memperturutkan hawa nafsunya sendiri.Maka dari itu suka pamer adalah penyakit syirik yang tersembunyi dan merupakan bentuk dari kemusyrikan.
Tanda-tandanya adalah : 1. Suka dipuji orang lain. 2. Gundah jika beramal baik tak ada orang memujinya. 3. Merasa tersiksa bila amal-amalnya tidak dipedulikan orang lain. 4. Orang yang punya penyakit ini amal nya adalah sia-sia, tak ada hitungannya di hadapan Alloh. 5. Cukup jelas, Orang yang berpenyakit suka pamer adalah orang yang beramal kebaikan dengan tujuan berharap dilihat manusia, dipuji manusia, jika tidak ada maunusia lain maka ia sepi dari beramal kebaikan.
3. Penyakit Pongah
Penyakit pongah yaitu Orang yang dalam hatinya berpenyakit pongah adalah orang yang suka memandang dirinya sebagai mulia dan besar, unggul, tinggi derajat.
Ciri-cirinya : 1. Orang itu suka berkata, "aku adalah ini, aku adalah itu" 2. Bila bergaul dengan orang lain selalu memuliakan dirinya sendiri. 3. Bila berkata dengan orang lain selalu berupaya agar unggul dalam pembicaraan. 4. Bila bergaul suka melecehkan orang lain yang tak sefaham dengannya. 5. Bila memberi nasihat, memalukan. 6. Bila dinasehati, bersikap kasar (tidak senang). 7. Memandang dirinya lebih baik dari orang lain.

Cara untuk menyembuhkan penyakit ruhani yaitu lima perkara dibawah ini :
1.Baca Quran+maknanya akan dapat membersihkan hati kita yang telah terkotori oleh urusan-urusan dunia dan hawa napsu.
2. Sholat malam
3.Berkumpul dengan orang - orang yang sholeh
4.Perbanyak puasa (wajib maupun sunnah)
5.Perpanjanglah dzikir malam.
selain ke lima perkara itu pula kita juga harus selalu memperbanyak mengingat sesuatu yang akan memutus semua kenikmatan, yaitu maut. Sering seringlah membayangkan bagaimana keadaan kita saat akan menghadapi kematian. Dengan itu mudah - mudahan kita akan berpikir lebih awal akibat dari penyakit hati tersebut.

Tidak ada komentar: